Masuk

Ingat Saya

Siapa Teroris di Aceh?

Terorisme dewasa ini semakin akrab di telinga kita. Maraknya aksi-aksi terorisme yang terjadi di seluruh belahan dunia membuat kita semakin akrab dengan kata-kata terorisme. secara sederhana terorisme merupakan sebuah kegiatan atau aksi yang terstruktur dan sistematis melalui doktrin tertentu untuk menyebarkan kegelisahan dan rasa ketakutan bagi masyarakat, sehingga berdampak serius, atau bahkan menjerumus kepada genosida.

sebagai orang Aceh, saya sangat sering mendengar dan melihat teror demi teror dilancarkan bagi rakyat Aceh. selama kurun waktu 1976-2005, Aceh benar-benar dilanda masa sulit. dimasa itu pula aksi teror menjelma dalam berbagai bentuk yang sangat menakutkan bahkan memberikan dampak traumatis. Mayat demi mayat dari masyarakat yang tidak bersalah tergeletak satu persatu di jalan-jalan raya dan pusat kota. pembakaran sekolah dan rumah masyarakat, bahkan penghilangan paksa bagi masyarakat-masyarakat yang dinilai mengancan (meski tidak tahu apa yang diancam).

Aksi-aksi seperti itu kemudian semakin menjadi dengan tidak seorangpun disebutkan menjadi tersangka. seolah ini merupakan aksi teoris terkuat. terjadi dengan intensitas yang sangat sering namun tidak mampu terdekteksi siapa pelaku kejahatan luar biasa tersebut. Aksi teror tersebut kemudian semakin serius dan masif terjadi di seluruh daerah Aceh.

Hal tersebut sudah barang tentu menjadi hantu yang sangat menakutkan. bahkan pada titik yang paling nadir, Rakyat Aceh tidak berani keluar rumah untuk mencari nafkah bagi keluarga. berapa banyaka janda dan anak yatim ulah aksi teror tersebut. yang sampai hari ini masih menjadi luka yang tidak pernah dipulihkan.

Dengan sederet peristiwa teroristik yang terjadi bertahun tahun tersebut. Orang Aceh menjadi semakin bingung dengan ketidakadaanya pelaku teroris yang menjadi tersangka. muncul sejuta pertanyaan. siapakan pelaku terorisme di Aceh? Kenapa mereka begitu tak tersentuh? Siapa yang berada dibelakang mereka? doktrin apa yang membuat mereka menjadi sangat buas dan sadis? Dimanakah negara saat tragedi-tragedi ini terjadi?

#PortalDamai

Dengan